Beranda | Artikel
Keutamaan Berjuang Dijalan Allah
Rabu, 2 November 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Keutamaan Berjuang Dijalan Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 6 Rabi’ul Akhir 1444 H / 1 November 2022 M.

Keutamaan Berjuang Dijalan Allah

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعنْ أبي مسْعُودٍ ، رضي اللَّه عَنْهُ ، قال جاءَ رجُلُ إلى النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم بِنَاقَةٍ مَخْطُومةٍ فقال : هذِهِ في سبيل اللَّهِ ، فقال رسُولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « لكَ بِهَا يَومَ القِيامةِ سبعُمِائَةِ ناقَةٍ كُلُّها مخطُومةٌ » رواهُ مسلم .

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Pernah datang seseorang kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan membawa seekor unta yang sudah diberi tanda, lalu dia mengatakan: ‘Ini untuk di jalan Allah.’ Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Balasan bagimu dihari kiamat kelak adalah tujuh ratus ekor unta yang semuanya diikat hidungnya seperti ini.`” (HR. Muslim)

Ini menunjukkan keutamaan orang yang bersedekah menyumbangkan harta untuk perjuangan di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dia akan mendapatkan balasan dari Allah. Tentu selama dia ikhlas karena Allah, bukan untuk dipuji dan disanjung manusia. Tetapi benar-benar yang diinginkannya adalah wajah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Hadits ini juga sebagai dalil bahwa balasan diberikan dari jenis amal yang sama. Maka kata Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam: “Bagimu 700 ekor unta di surga kelak.” Unta di surga tentu tidak sama dengan unta yang di dunia ini.

Hadits ini juga menjelaskan kepada kita tentang balasan Allah yang berlipat ganda. Allah Maha kaya dan Maha Mengetahui hati hamba-hambaNya. Orang-orang yang betul-betul ikhlas kepada Allah dalam perjuangan mereka di jalan Allah, maka mereka akan mendapatkan balasan yang besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semakin tinggi keikhlasan seseorang, maka balasannya pun akan semakin besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52331-keutamaan-berjuang-dijalan-allah/